Line atau Whatsapp



Di Indonesia menurut saya ada dua aplikasi chatting yang populer yaitu Line dan WhatsApp. saya tidak membahas BBM meskipun sekarang sudah open untuk seluruh platform. Masing masing aplikasi ini memiliki fitur unggulan dan kelemahan sendiri-sendiri. Selain mengirim pesan teks, anda juga dapat mengirimkan gambar, video, pesan suara, file, bahkan bisa melakukan panggilan secara gratis dengan berbekal koneksi internet saja.

Line

Kehadiran LINE diindonesia sangat populer akhir akhir ini berkat fitur stiker dan maskot lucu LINE, selain itu ada beberapa aplikasi yang dihadirkan oleh LINE seperti LINE Games yang selalu ramai dimainkan penggunanya. Lihat saja Line Monopoli yang menjadi tujuan utama Gamer line.

Kelebihan LINE selain menghadirkan games dan stiker, mereka menawarkan line radio, dictionary, line here, snap movie dan yang sangat berguna bagi UKM diindonesia adalah LINE@. Line@ merupakan aplikasi untuk berjualan di line, aplikasi ini memungkinkan mengirimkan  pesan broadcast. Untuk memilih layanan di line@ ada yang gratis dan ada yang berbayar. Meskipun begitu aplikasi ini sangat bermanfaat.

Kelemahan dari Line adalah pesan yang sering datang menganggu sperti invitation bermain game, ataupun online shop. Hal tersebut membuat pengguna Line meng-uninstall nya. Selain itu LIne juga berjalan lambat di smartphone menengeah kebawah, tentunya masyarakat akan beripikir ulang mau meng-uninstall. 

Kelebihan : Stiker yang menarik
aplikasi penunjang yang beragam
mendukung untuk UKM 
bisa diinstall di Desktop

Minus :
iklan yang mengganggu
aplikasi yang berat


WhatsApp

Whatsapp menawarkan konsep chatting yang lebih sederhana dan mudah untuk digunakan. Whatsapp juga paling banyak digunakan oleh masyarakat indonesia karena ringan.

Anda tidak perlu direpotkan membuat id seperti yang dilakukan oleh LINE meskipun itu terdengar sangat mengasyikkan. Secara otomatis Whatsapp mengambil daftar kontak dari smartphone penggunanya, dan anda tinggal mencari di menu Contacts Whatsapp.

Karena aplikasi ini fokus untuk chat dan sangat ringan, jangan berharap akan munculnya stiker yang lucu dan menggemaskan seperti Line. Tetapi anda tidak perlu khawatir, masih ada emoji yang bisa digunakan untuk mengekspresikan chatting anda.

Kelebihan :
User Interface yang sederhana
Bisa mengirim file video lebih banyak daripada Line
Free call terbaik

Kekurangan :
Tidak bisa video call

Mode Dual di Browser mengharuskan smartphone dalam keadaan aktif juga

0 Response to Line atau Whatsapp

Posting Komentar