Helion Versi lokal Loon




Tak ingin kalah dengan Project Loon, sejumlah alumni ITB yang tergabung dalam insitek, startup asal bandung dibawah pimpinan Hagorly M Hutasuhut yang fokus pada teknologi antariksa. Hagorly bercerita bahwa ini merupakan project pribadinya sehingga dana yang dikeluarkan juga merupakan dana pribadi namu Insitek mendapatkan insetif dari program inkubasi bisnis teknologi Kemenristek terkait pengembangan project ini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Helion ini mirip dengan Loon nya Google. Dengan balon, Helion memungkinkan memberikan konektifitas pada area-area tertentu seperti daerah rural, hutan, perbatasan, dan tempat konser yang biasanya sulit mendapatkan konektivitas.

“kami percaya space technology dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang ada khususnya bagi aplikasi strategis seperti monitoring, communication hingga internet connection infrastructure ini. Selain itu menyambung dari riset yang telah kami lakukan sebelumnya kami berencana untuk terjun ke ranah bisnis startup karena kami percaya hanya dengan berbisnislah maka teknologi dapat berkesinambungan (sustain)” ungkap hagorly


Sayangnya ketika disinggung lebih jauh mengenai rencana Insitek dengan pemerintah, Hagorly belum bisa bercerita lebih banyak. Ia hanya menjelaskan bahwa saat ini apa yang dilakukan Insitek didukung sepenuhnya oleh rudiantara.

0 Response to Helion Versi lokal Loon

Posting Komentar